Tips Makanan Fitnes Untuk Pemula

CaraMakan.com – Makanan Fitnes Untuk Pemula || Konsumsi makanan fitnes untuk pemula merupakan hal yang sangat penting. Salah satunya adalah makanan sebelum latihan. Kenapa dikatakan penting? Sebab, latihan fitness membutuhkan banyak tenaga agar bisa menyelesaikan setiap sesi latihan semaksimal mungkin.

Jika asupan nutrisi sebelum fitnes kurang atau bahkan tidak ada sama sekali selama 2 – 3 jam sebelum latihan, bisa mengakibatkan tubuh kekurangan nutrisi. Akibatnya, tubuh akan mengubah protein dalam otot menjadi energi.

Makanan fitnes untuk pemula yang cocok dikonsumsi sebelum berolahraga (2 jam sebelum latihan) sebaiknya mengandung cukup protein, karbohidrat, serta lemak sehat. Hal ini dalam rangka mencegah terjadinya inflamasi.

Makanan Fitnes Untuk Pemula

Makanan Fitnes Untuk Pemula

Di bawah ini beberapa jenis makanan fitnes untuk pemula yang sebaiknya dikonsumsi sebelum latihan beban :

1. Pisang

Pisang merupakan salahmakanan fitnes untuk pemulayang mengandung karbohidrat cepat serap, sehingga tubuh mendapatkan ledakan tenaga dengan cepat. Zat pati yang terkandung dalam pisang akan diolah oleh tubuh menjadi glukosa, lalu menjadi glikogen, selanjutnya akan disimpan sebagai bahan bakar otot, dan siap digunakan saat latihan. Untuk mendapatkan hasil yang lebih maksimal, sebaiknya pisang matang dikonsumsi satu jam sebelum latihan.

2. Oat Meals

Oatmeal juga merupakan salah satu makanan fitnes untuk pemulayang cocok dikonsumsi sebelum latihan fitness. Sebaiknya dikonsumsi sekitar 1 atau 2 jam sebelum latihan fitness sebagai sumber karbohidrat.

Bahan dasar oatmeal adalah gandum, sehingga sumber karbohidratnya cukup kompleks. Kandungan karbohidratnya lambat serap, sehingga tubuh akan terisi energi secara perlahan meskipun durasi latihan fitness cukup panjang.

3. Putih Telur

Telur kaya akan protein yang cepat terserap ke dalam tubuh. Sehingga, putih telur merupakan salah satu makanan fitnes untuk pemula yang penting untuk dikonsumsi secara rutin. Bagian paling banyak kandungan proteinnya adalah putih telur. Pada setiap butir telur terkandung 3 – 4 gram protein di bagian putih telurnya.

Sehubungan dengan fitnes, protein alami pada putih telur sangat maksimal dalam menghasilkan asam amino untuk memulai pembentukan otot. Kandungan asam amino ini juga efektif mencegah katabolik selama latihan yang intens. Oleh karena itu, tidak salah jika dikatakan kalau telur adalah salah satumakanan fitnes untuk pemulayang sangat tepat.

Untuk mendapatkan hasil maksimal dan sesuai keinginan, upayakan untuk mengkonsumsi 3-4 putih telur sebelum latihan.

4. Alpukat

Alpukat juga merupakan salah satu makanan fitnes untuk pemula yang kaya akan protein dan mudah diserap tubuh. Selain protein, nutrisi lainnya yang juga dikandung oleh buah alpukat cukup beragam, seperti karbohidrat, lemak, serat, dan lainnya. Dalam 100 gram buah alpukat, terdapat sekitar 7,70 gram karbohidrat yang menyebabkan perasaan kenyang cukup lama. Sehingga dengan mengkonsumsi alpukat, energi yang hilang akibat fitnes bisa segera tergantikan.

Baca Juga :

Makanan untuk Diet yang Paling Tepat

Cara Makan Sehat yang Harus Anda Pahami

5. Daging Merah

Makanan fitnes untuk pemula yang juga dianjurkan untuk dikonsumsi adalah daging merah. Kandungan protein, zat besi, magnesium, dan zinc pada daging merah sangat bermanfaat bagi orang yang aktif dalam olahraga fitnes. Kandungan protein dan zinc dalam daging merah berperan efektif dalam mengoptimalkan kadar testosteron pria dan membantu pembentukan otot tubuh.

Demikianlah informasi seputarmakanan fitnes untuk pemulayang bisa saya bagikan pada artikel kali ini. Perlu diketahui bahwa makanan yang cocok untuk dikonsumsi oleh para pemula dalam olahraga fitnes tidak terbatas pada 5 jenis makanan yang sudah saya sebutkan di atas. Masih banyak lagi jenis-jenis makanan lainnya yang tidak sempat saya sebutkan, seperti tiram, kentang rebus, ubi kayu, kunyit, dan lain-lain.