Tata Cara Makan Inggris

CaraMakan.com– Tata Cara Makan Inggris || Setiap negara tentunya memiliki etika dan tata cara makan yang berbeda-beda. Meskipun terasa janggal dan asing, ketika Anda diundang dalam jamuan resmi mereka, tentu Anda harus menaati aturan makan dan minumnya.​

Salah satu etika dan tata cara makan yang penting untuk diketahui adalah tata cara makan Inggris. Sebab, tata cara makan ini banyak diadopsi di berbagai negara, salah satunya adalah Indonesia, meskipun hanya digunakan pada beberapa kalangan tertentu saja.

Tata Cara Makan Inggris

Inilah Tata Cara Makan Inggris

Salah satu hal penting yang perlu diketahui pada tata cara makan Inggris adalah cicipin pertama. Dalam hal ini yang boleh melakukannya hanyalah tuan rumah, kecuali ada izin dari tuan rumah untuk mencicipi makanan terlebih dahulu. Prosesi makan baru boleh dimulai tatkala semua undangan jamuan telah duduk di kursi masing-masing.

Diantara hal unik pada tata cara makan Inggris adalah larangan penambahan merica atau garam pada saat akan makan, karena hal ini dianggap penghinaan terhadap tukang masak atau tuan rumah. Karenanya, ketika Anda mengikuti jamuan makan ala Inggris, jangan pernah berfikir untuk minta tambah garam pada menu makanan.

Jamuan Makan Pada Inggris

Jamuan makan pada tata cara makan Inggris akan dimulai dengan berdoa, lalu dilanjutkan mengucapkan terima kasih pada pemilik jamuan. Sebelum mulai menyantap makanan, pastikan semua orang telah duduk dan mendapatkan hidangan di depan mereka. Jadi, kalau ada tamu perjamuan yang belum memperoleh makanan di depannya, terpaksa harus menunggu sejenak.

Ketika hendak makan, garpu dipegang oleh tangan kiri, sedangkan pisau di pegang oleh tangan kanan. Fungsi pisau makan pada tata cara makan Inggrisuntuk memotong makanan atau membantu mengarahkan makanan ke garpu.

Jika menu makan dalam bentuk sup, sendok dipegang oleh tangan kanan. Selanjutnya sendok  digunakan untuk mengambil sup dari mangkuk. Ketika mengambil isi sup, jangan langsung mengambil di bagian dalam, tetapi arahkan ke pinggir terlebih dahulu baru disendok ke dalam mangkuk. Ingat, dalamtata cara makan Inggris, mencelupkan sendok ke dalam mangkuk dan langsung diangkat vertical merupakan hal yang melanggar etika dan tata cara makan yang baik.

Cara memasukkan sendok juga perlu diperhatikan. Sebab, dalam tata cara makan Inggris, sendok sup tidak boleh langsung dimasukkan ke dalam mulut. Hal tersebut tidak sopan dan melanggar etika makan. Cara yang benar untuk dilakukan adalah dengan menempelkan pinggiran sendok di bibir, lalu menghirup bagian sup. Demikian pula dengan pisau makan tadi, jangan memasukkan pisau langsung ke dalam mulut, apalagi sampai menjilat sisa makanan pada pisau.

Etika Tata Cara Makan Inggris

Tidak boleh berbicara ketika sedang mengunyah atau makanan berada di dalam mulut. Makanan harus dikunyah dengan mulut tertutup, karena mengunyah dalam keadaan mulut terbuka dianggap menyerupai hewan. Satu hal yang juga perlu diperhatikan dalam tata cara makan Inggris adalah tidak boleh makan terburu-buru, tetapi makan dengan kecepatan yang wajar.

Baca Juga :

Tata Cara Makan Amerika Utara

Jika menu yang disajikan adalah roti, maka harus disantap dengan mentega. Gunakan pisau roti untuk mengambil mentega dari wadahnya. Jangan pernah menggunakan pisau untuk mengambil mentega lalu mengolesinya di roti, karena dikhawatirkan remah-remah roti tertinggal di pisau tersebut.

Hal terakhir yang juga penting untuk diperhatikan pada tata cara makan Inggris adalah posisi alat-alat makan ketika selesai makan. Ketika selesai makan, pastikan posisi pisau dan garpu diletakkan di atas piring secara bersamaan. Garpu diletakkan pada bagian kiri Anda dengan posisi garpu menghadap ke atas. Untuk membersihkan mulut, gunakan setbet yang telah disediakan, lalu letakan ke tempatnya semua. Ketika hendak meninggalkan meja makan, jangan lupa untuk meminta izin kepada yang empunya hidangan. Semoga bermanfaat.