Tata Cara Makan Cina

CaraMakan.com – Tata Cara makan Cina || Dalam pergaulan era modern, etika makan di meja makan menjadi bagian yang cukup penting. Baik saat bersantap ria bersama keluarga atau menjamu tamu. Oleh karena itu, pengetahuan mengenai etika seputar masalah ini akan membuat Anda makin mudah bergaul dan tidak canggung ketika menghadapi tamu.

Posisi tata cara makan Cina tidak kalah penting dengan tata cara makan ala Barat. Hal tersebut disebabkan hidangan Cina saat ini sudah mendunia. Sehingga, jangan heran jika restoran Cina berstandar internasional mudah ditemukan di negara manapun. Pergaulan global juga menuntut setiap orang untuk mudah beradaptasi dengan lingkungan sekitarnya.

Agar Anda tidak canggung dan melakukan kesalahan ketika makan bersama teman, keluarga, atau rekan kerja di restoran Cina, Anda wajib mengetahui tata cara makan Cina yang akan saya sebutkan di bawah ini.

 Tata Cara makan Cina

5 Tata Cara Makan Cinta yang Perlu Anda Ketahui

1. Jangan menancapkan sumpit secara vertikal

Salah satu tata cara makan Cina yang penting dan harus diperhatikan adalah jangan menancapkan sumpit secara vertical pada mangkuk nasi. Seringkali orang yang kurang paham tentang etika ini melakukannya untuk menghemat waktu saat jeda makan dengan minum teh, padahal  meletakkan sumpit dalam posisi seperti ini sangat tidak sopan dalam pandangan budaya Cina.

Dalam budaya Cina, menancapkan sumpit secara vertikal merupakan pertanda kematian. Saat ini di beberapa restoran besar Cina sudah disediakan tempat sumpit, Anda bisa menempatkannya di situ. Cara lain yang lebih bijaksana ketika meletakkan sumpit adalah dengan meletakkannya secara berhimpitan horisontal di atas mangkuk.

2. Jangan membalikkan ikan yang sedang dimakan

Pada tata cara makan Cina, umumnya ikan yang disajikan utuh. Ketika Anda sudah menghabiskan satu sisi ikan, jangan pernah membalikkan untuk memakan sisi yang lainnya. Hal ini tidak sopan dalam etika makan Cina. Cara mengakalinya adalah dengan menggunakan sumpit dan menjepit tulang ikan di bagian ekor, lalu diangkat hingga tulang terpisah dengan daging. Nah, sekarang Anda sudah bisa memakan sisi lain dari ikan tersebut tanpa harus membaliknya.

3. Jangan memotong mie

Mie merupakan salah satu jenis makanan tradisional Cina yang sangat disukai orang-orang dari berbagai lapisan masyarakat. Pada tata cara makan Cina, mie disajikan utuh dan tidak dipotong-potong pendek. Nah, perlu diingat ketika Anda makan mie, jangan pernah memotongnya menggunakan pisau atau pemotong mie lainnya meskipun dengan alasan agar mudah memakannya, karena hal tersebut bertentangan dengan etika makan Cina. Cukup memotongnya dengan cara digigit, tapi pastikan mulut Anda tidak penuh makanan untuk bisa melakukannya.

Dalam tradisi masyarakat Cina, yang paling bagus dilakukan ketika menyantap mie adalah dengan cara menghisapnya. Hal tersebut juga secara tidak langsung memberikan tanda kepada penjamu bahwa mie yang disajikannya sangat lezat.

4. Jangan sampai cangkir teh kering

Dalam tradisi tata cara makan Cina, kehadiran teh sebagai pendamping menu utama sangatlah penting. Umumnya tuan rumah atau teman makan malam Anda akan menuangkan teh ke dalam cangkir orang yang berada dekat darinya. Si penerima nantinya akan mengetukkan dua jarinya ke meja sebagai bentuk ucapan rasa terima kasih.

Baca Juga :

Tata Cara Makan Amerika Utara

5. Tata Cara Makan Cina Jangan memesan makanan dalam jumlah ganjil

Selalu memesan makanan dalam jumlah genap, bukan dalam jumlah ganjil. Ini salah satu tata cara makan Cinayang perlu Anda ketahui. Ketika Anda pergi bersama teman-teman Anda ke sebuah restoran Cina, pesanlah makanan dalam jumlah genap meskipun jumlah Anda ganjil. Etika dan tata cara makan ini biasanya hanya diberlakukan pada jamuan makan formal, bukan jamuan biasa.

Semoga bermanfaat.