Tata Cara Makan Amerika Utara

CaraMakan.com – Tata Cara Makan Amerika Utara. Pada artikel kali ini saya akan membagikan informasi seputar tata cara makan Amerika Utara. Artikel ini penting, karena table manner (tata cara makan) adalah sebuah etika dan tata karma yang dianggap penting di negera manapun. Kepribadian dan sopan santun seseorang juga tercermin pada tata cara makan yang diperlihatkannya dalam sebuah perjamuan. Karenanya, jangan pernah dianggap sepele.

Tata Cara Makan Amerika Utara

Tata Cara Makan Amerika Utara

Setiap negara tentu memiliki table manner (tata cara makan) yang disesuaikan dengan kultur dan budaya masing-masing. Di negara-negara America Utara, jamuan makan malam formal seringkali diadakan. Jika kita diundang, tentu saja sebagai tamu kita seharusnya tahu aturan dan tata cara makan Amerika Utara, karena hal ini menunjukkan sejauh mana kita memahami etika dan tata karma dalam kehidupan social.

Saat ini tata cara makan Amerika Utara sudah banyak diadopsi oleh beberapa negara di dunia, termasuk Indonesia dan Singapore. Tidak heran jika dalam acara-acara jamuan makan malam formal di Indonesia, nuanasa makan malam ala Amerika Utara ini sangat terasa.

Perlu diketahui bahwa umumnya jamuan makan di Amerika Utara , peralatan makan yang digunakan sangat sedikit. Paling banyak yang terlihat hanya peralatan makan di sisi piring. Jika membutuhkan tambahan peralatan makan, biasanya perlu untuk meminta khusus.

Perlatan Makan Pada Tata Cara Makan Amerika Utara Secara Formal, Yaitu :

  • 1 Piring
  • 2 Sendok
  • 2 Garpu
  • 1 Pisau Makan

Untuk meja makan, pada acara makan malam formal biasanya akan dilapisi taplak meja seukuran 10 sampai 15 inci. Sedangkan untuk alas piring, seringkali hanya dipakai pada acara makan malam non formal. Selain itu, di atas meja makan biasanya diletakkan aksesoris berupa lilin.

Baca Juga :

Tata Cara Makan Inggris

Pada tata cara makan Amerika Utara, umumnya tamu harus melepaskan topi. Baik itu topi unisex buat pria ataupun topi yang dipakai wanita. Jangan pernah menggunakan gadget seperti handphone dan sejenisnya ketika sedang makan, karena hal tersebut melanggar etika. Bahkan Anda juga tidak boleh membaca sesuatu sambil menunggu hidangan mulai di santap. Sebab, membaca hanya diperbolehkan ketika sarapan di meja makan. Adapun pada acara makan siang dan makan malam tersebut tidak diperbolehkan. Jika Anda memiliki kepentingan mendesak seperti harus mengangkat telefon, sebaiknya meminta izin terlebih dahulu kepada tuan rumah dan peserta jamuan formal lainnya untuk meninggalkan meja makan sementara, kemudian baru Anda boleh mengangkat telepon di tempat lain.

Terkadang ketika makan, ada sisa makanan yang harus dikeluarkan dari mulut. Hal ini biasanya terjadi ketika kita tidak sengaja memakan tulang, sehingga harus dikeluarkan. Nah, pada tata cara makan Amerika Utara ada aturannya, yaitu mengeluarkan makanan sebagaimana ketika makanan tersebut dimasukkan. Maksudnya, jika kita memasukkan makanan dengan tangan, maka keluarkanlah dengan tangan lagi (di atas tangan). Jika memasukkan makanan dengan menggunakan sendok, maka makan tersebut dikeluarkan lagi dengan di atas sendok makanan tersebut.

Pada tata cara makan Amerika utara, posisi garpu tidak boleh diletakkan asal-asalan. Pegang garpu dengan tangan kiri ketika Anda ingin memotong makanan seperti steak. Gunakan pisau di tangan kanan untuk memotong steak dengan posisi garpu di tangan kiri untuk menahan steak ketika dipotong. Ketika hendak menyuap makanan, garpu segera dialihkan ke tangan kanan,  lalu digunakan untuk menyuap makanan tersebut.

Demikianlah informasi seputar tata cara makan Amerika Utara pada artikel kali ini. Bagi Anda yang kebetulan diundang menghadiri jamuan makan malam formal ala Amerika Utara, pastikan untuk menerapkan tata cara makan di atas.