Jenis-Jenis Makanan Memperbanyak ASI

CaraMakan.com – Makanan Memperbanyak ASI || Si Kecil sangat membutuhkan asupan ASI dari Si ibu. Sebab, ASI mengandung unsur yang mampu melawan penyakit dan melindungi Si Kecil dari sakit. Oleh karena itu, agar Si Kecil tidak kekurangan ASI yang sangat dibutuhkan dalam perkembangannya, sebaiknya Si ibu mengonsumsi makanan memperbanyak ASI di bawah ini.

Makanan Memperbanyak ASI

Jenis-Jenis Makanan Memperbanyak ASI

1. Sayuran Berwarna Hijau Tua

Sayuran berwarna hijau tua merupakan salah satu makanan memperbanyak ASI yang sangat dianjurkan untuk dikonsumsi oleh setiap ibu menyusui. Setidaknya usahakan untuk mengkonsumsi satu atau dua porsi sayuran berdaun hijau setiap hari, seperti bayam, brokoli, serta sayuran berwarna hijau tua lainnya. Sayuran hijau juga kaya akan nutrisi dan mengandung jumlah kalsium, betakaroten, folat, dan riboflavin yang tinggi. Untuk mencegah kekurangan zat besi yang bisa memicu rendahnya suplai ASI pada ibu menyusui, sebaiknya mengkonsumsi sayuran hijau yang kaya akan zat besi seperti bayam.

2. Bawang Putih

Bawang putih juga diyakini sebagai salah satu makanan memperbanyak ASI yang sebaiknya dikonsumsi rutin oleh setiap ibu menyusui. Dalam sebuah studi, ditemukan bukti kalau Si Kecil akan menyusu lebih lama ketika ibunya mengonsumsi bawang putih. Namun, ada juga yang menyatakan kalau mengkonsumsi bawang putih bisa membuat Si Kecil jadi kolik. Intinya, diperlukan penelitian dan pembuktian lebih lanjut untuk mendukung pernyataan bawang putih sebagai makanan yang bisa memperbanyak ASI.

3. Gandum (Oat)

Gandum (Oat) juga merupakan salah satu jenis makanan memperbanyak ASI yang cocok dikonsumsi oleh ibu menyusui. Semangkuk oat bisa menjadikan ibu menyusui merasa kenyang dalam kurun waktu cukup lama. Selain itu, oat juga dipercaya dapat meningkatkan suplai ASI. Salah satu penyebab kacaunya suplai ASI pada ibu menyusui adalah animea. Untuk mencegahnya, sebaiknya mengonsumsi oat karena kaya akan zat besi. Terlebih lagi pada Ibu menyusui yang mengalami banyak perdarahan pada saat bersalin. Namun perlu diperhatikan, ibu menyusui dilarang mengkonsumsi oat jika memiliki penyakit Celiac atau intoleransi gluten.

4. Kurma

Kurma kaya akan kalsium, sehingga dipercaya sebagai salah satu makanan memperbanyak ASI, yang bekerja dengan cara menaikkan prolaktin (hormon yang berfungsi membantu wanita menghasilkan ASI setelah melahirkan). Selain itu, kurma juga mengandung serat yang tinggi. Oleh karena itu, sebaiknya setiap ibu meyusui untuk menjadikan kurma sebagai cemilan saat menyusui sebagai asupan energi baginya.

5. Kacang-kacangan

Kacang-kacangan seperti kacang merah, kacang hitam, serta jenis kacang lainnya tidak saja mengandung serat yang sangat baik untuk sistem pencernaan, tetapi juga merupakan makanan memperbanyak ASI. Selain itu, kacang-kacangan juga kaya akan zat besi, vitamin, mineral, dan protein. Terkadang ibu menyusui merasa sedikit kembung setelah makan kacang, tapi untungnya hal tersebut tidak menimpa Si Kecil.

Baca Juga :

Makanan Penambah Berat Badan Bayi

6. Ikan Salmon

Ikan Salmon adalah sumber protein yang sangat baik. Kandungan lemak DHA pada Ikan Salmon sangat dibutuhkan oleh Si Kecil untuk perkembangan sistem sarafnya. Bagi ibu menyusui yang tidak suka dengan produk susu, Ikan Salmon bisa menggantikannya sebagai sumber asupan kalsium tambahan. Jadi, jangan heran kalau Ikan Salmon dikategorikan sebagai salah satu jenis makanan memperbanyak ASI.

Demikianlah informasi seputar jenis-jenis makanan memperbanyak ASI yang bisa saya bagikan pada artikel kali ini. Perlu diingat bahwa pada saat menyusui, Si Ibu seringkali akan merasa haus. Untuk mengatasinya cukup dengan memperbanyak konsumsi air putih untuk mencegah lemas dan dehidrasi. Semoga bermanfaat.