Daftar Makanan untuk Penderita Diabetes yang Wajib Anda Ketahui

CaraMakan.com – Diabetes adalah penyakit berbahaya yang banyak menyerang orang-orang dari berbagai belahan dunia, tidak terkecuali Indonesia. Banyak orang yang mencari tahu mengenai makanan untuk penderita diabetes karena penderita diabetes memang tidak boleh sembarangan mengkonsumsi makanan biasa. Salah asupan makanan sedikit saja, maka kadar gula di dalam darah akan meningkat. Hal ini tentu akan membuat keadaan penderita diabetes semakin parah. Oleh sebab itulah kenapa Anda yang menderita diabetes atau memiliki orang terdekat yang terkena diabetes, harus memahami jenis makanan apa saja yang dilarang dan boleh dikonsumsi oleh penderita diabetes. Perlu Anda ketahui bahwa peningkatan kadar gula dalam darah pengidap diabetes bisa mengakibatkan berbagai macam risiko terhadap kesehatan. Beberapa diantaranya adalah pusing, kelelahan, penyakit jantung, keruksakan saraf, kebutaan sampai dengan meninggal.

makanan untuk penderita diabetes

Hal tersebutlah yang membuat penderita diabetes harus selalu berhati-hati dalam menyantap makanan. Penderita diabetes biasanya akan dianjurkan oleh dokter untuk melakukan terapi nutrisi medis atau terapi yang lebih menitik beratkan pada pola makan teratur. Dalam terapi ini, penderita harus mengonsumsi makanan yang rendah kalori dan lemak. Makanan penderita diabetes juga harus bergizi sehingga kadar gula darah tetap dalam kondisi terkontrol. Penderita diabetes juga harus menghindari nasi putih. Karena nasi putih memiliki kandungan gula yang sangat tinggi.

Selain nasi putih, ada banyak makanan lain yang harus dihindari oleh penderita diabetes. Beberapa diantaranya adalah makanan yang terlalu banyak tambahan garam, buah-buahan kaleng, sayuran kaleng, makanan yang bahannya berasal dari tepung terigu, daging berlemak, ampela, hati, dan lain sebagainya. Lantas, makanan apa saja yang direkomendasikan untuk para penderita diabetes? Berikut ini adalah beberapa makanan untuk penderita diabetesyang perlu Anda ketahui.

Daftar Makanan untuk Penderita Diabetes yang Wajib Anda Ketahui

  • Daging tanpa lemak

Daging bisa menjadi makanan yang baik untuk penderita diabetes asalkan dimasak dengan cara yang benak yakni direbus, dipanggang dan dikukus. Dengan begitu, lemak jahat dalam daging dapat diminimalisir. Dilain sisi, Anda juga harus memastikan bahwa daging yang dikonsumsi tidak mengandung lemak.

  • Karbohidrat kompleks dan biji-bijian

Makanan untuk penderita diabetesselanjutnya adalah karbohidrat kompleks seperti kentang panggang, nasi merah, sereal dan oatmeal. Pasalnya, karbohidrat kompleks tidak mengandung kadar gula yang tinggi. Justru karbohidrat kompleks dapat membantu Anda untuk mengurangi jumlah kadar gula di dalam darah. Selain itu, biji-bijian juga mengandung vitamin, protein serta mineral yang sangat baik untuk kesehatan penderita diabetes.

Baca Juga :

Cara Makan Sehat yang Harus Anda Pahami

Makanan untuk Diet yang Paling Tepat

Inilah Cara Makan Buah Tin dan Khasiatnya

  • Buah-buahan segar

Meskipun buah-buahan memiliki rasa yang manis, penderita diabetes tidak perlu khawatir. Karena Anda bisa mengkonsumsi buah-buahan dengan lebih leluasa. Sebab rasa manis di dalam buah berasal dari kandungan fruktosa yang bagus untuk tubuh. Jika bosan dimakan secara langsung, Anda bisa membuat jus buah yang segar. Hanya saja, jangan menggunakan gula tambahan. Biarkanlah rasa manis jus berasal dari sari buahnya yang murni. Atau Anda juga bisa menambahkan sedikit madu untuk menambah cita rasanya.

  • Kacang-kacangan dan sayuran

Kacang-kacangan yang bagus untuk penderita diabetes adalah kacang kedelai yang diolah menjadi tahu kukus yang nikmat. Selain itu, Anda yang menderita diabetes juga dianjurkan untuk mengkonsumsi sayur-sayuran dengan cara dikukus, dipanggang, direbus atau bisa juga dikonsumsi langsung dalam kondisi mentah.

  • Ikan

Ikan memiliki kandungan nutrisi yang sangat baik untuk penderita diabetes. Makanan untuk penderita diabetesyang dianjurkan meliputi ikan salmon, ikan tuna, makarel, sarden dan lain sebagainya. Meskipun demikian, Anda harus menghindari ikan yang memiliki kadar merkuri tinggi. Karena ikan seperti itu justru akan memperburuk kondisi tubuh Anda.