Cara Makan Table Manner yang Perlu Anda Ketahui

CaraMakan.com – Cara Makan Table Manner || Sebuah perusahaan, apalagi perusahaan bonafit seringkali menjadikan jamuan makan resmi sebagai salah satu agenda yang rutin dilakukan oleh perusahaan. Oleh karena itu, sebaiknya Anda mengetahui etika saat menghadiri jamuan tersebut atau yang lebih sering disebut dengan cara makan table manner.

Dalam sekolah kepribadian, cara makan table manner menjadi salah satu materi penting yang diajarkan. Tujuannya untuk semakin mengeratkan hubungan kerja dengan rekan bisnis atau klien, disamping mengetahui sisi lain dari dirinya.

Cara makan table manner sangat penting untuk diajarkan dan diterapkan semua orang terutama bagi para karyawan. Sebab pada prinsipnya, table manner merupakan tingkah laku seseorang di atas meja baik dengan keluarga dekat maupun rekan kerja.

Cara Makan Table Manner

6 Cara Makan Table Manner

Beberapa hal seputar cara makan table manneryang perlu diketahui adalah :

1. Ketahui jenis jamuan makan

Salah satu hal penting yang harus diperhatikan pada cara makan table manner adalah aneka jamuan makan yang sering diadakan, misalnya oleh sebuah perusahaan. Aneka jamuan tersebut adalah :

  • Morning coffee yang biasanya dilakukan pada jam 10 pagi hingga 12 siang
  • Brunch atau gabungan dari breakfast dan lunch yang biasanya dilakukan pada jam 11 hingga 12
  • Makan siang (lunch) yang biasanya dilakukan pada jam 12 siang
  • High tea yang biasanya dilakukan pada jam 4 hingga 6 sore
  • Cocktail party yang biasanya dilakukan dari jam 6 sore hingga 8 malam
  • Makan malam yang biasanya dilakukan pada jam 8 malam
  • Supper yang biasanya dilakukan pada jam 10 malam

2. Mengatur posisi duduk

Hal yang penting juga untuk diperhatikan pada cara makan table manner adalah posisi duduk. Usahakan duduk tegak, tidak bungkuk atau bersandar malas. Ketika memegang peralatan makan, usahakan kedua siku tidak mengembang agar tidak bersentuhan dengan orang di sebelah. Jangan berbicara ketika sedang mengunyah dan siku juga jangan diletakkan di atas meja.

3. Penggunaan peralatan makan

Cara makan table manner berikutnya adalah penggunaan penggunaan peralatan makan. Jika yang digunakan lebih dari satu, sebaiknya gunakan yang letaknya paling jauh dari piring. Posisi sendok, garpu, dan pisau dijepit di antara ibu jadi pada bagian ujung tangkainya

Sendok dan pisau dipegang di tangan kanan, sedangkan garpu dipegang di tangan kiri. Perhatikan agar posisi alat makan tadi selalu menelungkup ke bawah, kecuali menyantap nasi atau sayuran yang bentuknya kecil, maka garpu boleh dihadapkan ke atas.

4. Pengaturan serbet

Cara makan table mannerberikutnya yang juga perlu untuk diperhatikan adalah penggunaan serbet. Jika perjamuan dilakukan di restoran, sebaiknya serbet langsung diletakkan di pangkuan ketika sudah duduk. Jika perjamuan diselenggarakan di tempat tinggal tuan rumah, tunggulah sampai nyonya rumah meletakkan serbet di pangkuannya terlebih dahulu baru Anda ikuti. Serbet hanya digunakan untuk mengusap bibir dan jari tangan, bukan untuk membersihkan peralatan makan.

5. Saat makan sup

Biasanya sup disajikan sebagai menu pembuka untuk menggugah selera makan. Pada cara makan table manner, sup yang masih panas jangan dihirup atau ditiup. Jika dihidangkan dalam piring yang cekung, gunakan sendok sup dari arah dalam ke bagian luar piring. Makannya dari sisi samping sendok. Adapun jika sup berisi potongan daging, silahkan masukkan sendok ke dalam mulut dimulai dari bagian ujungnya.

Baca Juga :

Tata Cara Makan Inggris

Tata Cara Makan Amerika Utara

Tata Cara Makan Cina

6. Saat makan roti

Umumnya roti disediakan sebagai pelengkap sup. Cara makan table manner ketika makan roti adalah cara menyobek kecil-kecil roti tersebut menggunakan jari tangan, bukan dengan pisau butter. Selain itu, roti juga tidak boleh dipotong dengan pisau atau dimakan dalam keadaan utuh. Gunakan pisau roti untuk mengoleskan butter pada potongan roti. Semoga bermanfaat.