Inilah Cara Makan Buah Tin dan Khasiatnya

CaraMakan.com– Khasiat buah tin untuk mengobati berbagai macam penyakit memang sudah tidak perlu diragukan lagi. Hal ini dikarenakan banyaknya penelitian yang membuktikan manfaat buah tin bagi kesehatan. Jadi wajar saja jika semakin banyak orang yang tertarik dengan cara makan buah tin dan khasiatnya. Tin adalah tanaman yang menghasilkan buah berwarna keunguan. Buah tin bisa dimakan secara langsung. Sebagian besar orang hanya menikmati kelezatannya saja tanpa mengetahui khasiat yang didapatkan dari mengkonsumsi buah tin. Padahal jika ditelusuri lebih dalam, buah yang tertuang dalam Al-Qur’an ini memiliki banyak sekali manfaat yang akan membuat Anda terkejut.

Inilah Cara Makan Buah Tin dan Khasiatnya

Cara makan
Gambar : nasionalisme.co

Awalnya, buah ini banyak dijumpai di daratan Afganistan hingga Balkan. Namun saat ini, sudah banyak negara yang membudidayakan tanaman ini. Tak terkecuali Indonesia. Buah tin memiliki banyak sekali nutrisi yang sangat baik untuk tubuh. Beberapa diantaranya adalah Karbohidrat, Dietary fiber (serat), Protein, Vitamin B1, Vit. B3, B2, B5, B6, Magnesium, Folat, Vitamin C, Zinc, Kalsium, Fosfor dan masih banyak yang lainnya. Berikut ini adalah beberapa khasiat buah tin untuk kesehatan yang perlu Anda ketahui.

  1. Mencegah serangan jantung dan hipertensi

Melihat kandungan nutrisinya yang sangat banyak, tidak mengherankan jika banyak orang yang ingin mencari tahu tentang cara makan buah tin dan khasiatnya. Salah satu manfaat buah tin yang sangat populer adalah mencegah serangan jantung. Buah tin memiliki kandungan Kalium yang tinggi sehingga dapat mengurangi risiko terkena serangan jantung secara mendadak. Tak hanya bisa mencegah serangan jantung, buah tin juga bisa membantu Anda untuk mengatasi hipertensi. Hipertensi dan jantung memang memiliki keterkaitan. Karena tekanan darah yang terlalu tinggi bisa mengakibatkanadanya penyempitan pada pembuluh darah sehingga memicu munculnya penyakit jantung.

  1. Mengurangi kolesterol jahat dalam tubuh

Sekedar informasi, buah tin adalah jenis buah yang memiliki banyak sekali kandungan serat larut. Dimana serat larut ini mampu membantu tubuh dalam menurunkan kadar kolesterol. Dengan mengkonsumsi buah tin secara tertaur, maka kolesterol jahat akan dibuang melalui sistem ekskresi seperti keringat, air seni ataupun BAB.

  1. Mencegah kanker

Cara makan buah tin dan khasiatnyayang paling menakjubkan adalah kemampuannya untuk mencegah penyakit kanker. Salah satu penyebab munculnya kanker adalah adanya radikal bebas dalam tubuh yang membuat sel tumbuh secara abnormal. Buah tin memiliki kandungan polyfenol yang berperan sebagai antioksidan yang mampu penangkal radikal bebas. Buah tin dapat mencegah berbagai jenis kanker seperto kanker payudara, kanker serviks, kanker otak, kanker kolon dan lain sebagainya.

  1. Mengatasi diabetes

Tahukan Anda bahwa meskipun buah tin memiliki rasa yang manis, kandungan fruktosa dan glukosa dalam buah ini tidak akan mengakibatkan kadar gula darah Anda meningkat. Justru, kandungan gula alami inilah yang mengandung karbohidrat dan serat larut. Sehingga berkhasiat untuk menghambat proses penyerapan kadar gulaberlebih di dalam sistem pencernaan. Dengan begitu,penyakit diabetes bisa dicegah dan diobati dengan optimal.

  1. Mengatasi insomnia

Anda sering mengalami masalah insomnia atau susah tidur? Jika ya, maka mengkonsumsi buah tin bisa dijadikan sebagai solusi terbaik. Pasalnya buah tin memiliki kandungan senyawa tryptophan yang dapat memberikan rasa tenang, rileks, dan nyaman pada tubuh dan pikiran.

Baca Juga :

Makanan Untuk Diet Yang Paling Tepat

6 Cara Makan Semut Jepang Untuk Kesehatan Anda

  1. Menguatkan tulang

Buah tin mengandung kalsium yang tinggi sehingga sangat ampuh untuk mencegah penyakit tulang seperti Osteoporosis. Kadar fosfor dan kalsium dalam buah tinternyata lebih tinggi dibandingkan dengan susu. Jadi bisa dibayangkan betapa berkhasiatnya buah ini untuk membantu pertumbuhan gigi dan tulang pada anak di masa-masa pertumbuhannya.

  1. Mengatasi anemia

Buah tin juga bisa digunakan untuk menambah darah. Hal ini dikarenakan tingginya kandungan zat besi di dalam buah tin yang dapat mengoptimalkan pembentukan hemoglobin (Hb) darah. Sehingga bisa mengatasi anemia dengan optimal.

Selain beberapa manfaat di atas, masih ada banyak lagi khasiat dari buah tin yang tidak banyak diketahui orang seperti mengobati bisul, mempercepat penyembuhan luka, mengobati sakit tenggorokan, menurunkan berat badan, mencegah penuaan, dan lain sebagainya. Di negara barat dan Eropa, buah tin seringkali digunakan sebagai pemanis atau pengganti gula. Hal ini tentu dikarenakan rasanya yang manis dan lezat. Selain itu, buah tin juga sering dikonsumsi sebagai makanan olahan seperti selai, tart, pudding, jeli, roti dan lain sebagainya. Ada banyak sekali cara yang bisa dilakukan untuk mengkonsumsi buah tin. Bisa dimakan secara langsung atau diolah sesuai dengan keinginan. Bahkan buah tin juga bisa diolah menjadi jus yang segar. Menariknya lagi, buah tin bisa dikonsumsi oleh siapa saja baik anak-anak, remaja, sampai dengan lansia sekalipun. Demikianlah ulasan mengenai cara makan buah tin dan khasiatnya, semoga bermanfaat.