Cara Makan Bawang Dayak dan Khasiatnya Bagi Kesehatan

CaraMakan.com – Cara Makan Bawang Dayak || Pada artikel kali ini saya akan membagikan informasi seputar cara makan bawang dayakdengan benar. Artikel ini penting, karena mengkonsumsi bawang dayak dengan benar akan memberikan efek positif bagi kesehatan tubuh manusia.

Bawang yang berasal dari Amerika ini juga dikenal dengan nama bawang berlian dan bawang sabrang. Khasiatnya bagi kesehatan sudah sangat terkenal, bahkan masyarakat Kalimantan sejak dahulu sudah menggunakannya untuk pengobatan. Itulah sebabnya mengapa bawang ini dinamakan dengan bawang dayak, salah satu suku asli di Kalimantan.

Alasan paling utama kenapa kita harus mengetahui cara makan bawang dayak dengan benar adalah khasiatnya sebagai obat kesehatan alami. Diantaranya adalah memperlancar peredaran darah,  memperbaiki sistem pencernaan, melancarkan metabolisme, memperbaiki sistem pernafasan, menjaga kesehatan organ reproduksi wanita, melancarkan ASI, serta menguatkan tulang.

Cara Makan Bawang Dayak

4 Cara Makan Bawang Dayak

Saat ini ada 4 cara makan bawang dayak yang bisa Anda coba terapkan. Khasiat yang dihasilkan dari setiap cara makan ini tidak jauh berbeda, tinggal penyesuaian selera dan kebutuhan saja.

1. Seduh dengan air

Cara makan bawang dayak paling pertama kali ini adalah dengan cara menyeduhnya di dalam air. Caranya, irislah sekitar 30 gram bawang dayak atau seukuran satu siung. Selanjutnya masukkan ke dalam segelas air panas, aduk hingga merata, lalu minum.

Irisan bawang dayak tersebut juga bisa direbus dengan air satu gelas. Tapi pastikan betul kalau yang digunakan kecil dan jangan biarkan mendidih. Sebab, beragam senyawa aktif yang bermanfaat pada bawang dayak akan rusak jika dipanaskan hingga mendidih.

2. Serbuk

Cara makan bawang dayak berikutnya adalah dengan membuatnya menjadi serbuk terlebih dahulu. Tujuannya agar bawang lebih awet dan kandungan nutrisinya tidak berkurang. Caranya, cuci bersih beberapa siung bawang dayak, lalu diirs sekitar 3mm. Setelah itu keringkan di dalam oven atau bisa juga dengan cara angin-anginkan tanpa terkena sinar matahari langsung. Jika dianginkan, irisan bawang dayak tadi akan kering dalam waktu 2 hingga 3 hari.

Setelah kering, gilinglah irisan bawang tadi hingga menjadi serbuk. Serbuk ini nantinya bisa dikonsumsi dalam bentuk kapsul atau diseduh dengan air panas. Hanya saja perlu untuk selalu dijaga agar jangan sampai mendidih, karena bisa menyebabkan khasiatnya berkurang atau hilang sama sekali.

3. Lalapan

Cara makan bawang dayak kali ini khusus bagi Anda penggemar lalapan. Carilah bawang dayak yang masih segar, lalu jadikan sebagai lalapan untuk menemani makan Anda. Cara ini termasuk cara makan bawang dayak terbaik karena nutrisinya masih utuh dan belum berkurang.

Baca Juga :

Cara Makan Buah Tin dan Khasiatnya

6 Cara Makan Semut Jepang Untuk Kesehatan Anda

4. Manisan

Cara makan bawang dayak paling terakhir kali ini adalah dengan menjadikannya sebagai manisan. Caranya cukup mudah, yang harus dilakukan pertama kali adalah mencuci bawang dayak hingga bersih lalu dipotong-potong dengan ketebalan 1-2 mm. Selanjutnya irisan bawang tersebut dikukus selama kurang lebih 5 menit. Setelah itu, buatlah larutan gula dan air yang perbandingannya adalah 1:1. Nah, masukan irisan yang sudah dikukus tadi ke dalam larutan gula, lalu masak hingga mengental dan berbentuk kristal gula. Selesai sudah manisan bawang dayak yang bisa Anda konsumsi sebagai cemilan di waktu-waktu santai.

Demikianlah informasi seputar cara makan bawang dayak kali ini. Semoga artikel ini bermanfaat, khususnya bagi Anda yang bingung bagaimana cara mengkonsumsi bawang dayak dengan benar agar khasiatnya tidak hilang dan tetap terjaga. Semoga bermanfaat.