Inilah 7 Manfaat Sari Kurma untuk Ibu Hamil

Caramakan.com Manfaat sari kurma  untuk ibu hamilmemang sudah banyak diteliti oleh para ahli. Hal ini tentu saja karena kandungan nutrisi yang ada di dalam buah kurma. Beberapa diantaranya adalah kalsium, fosfor, zat besi, natrium, magnesium, kalium, thiamin, niasin, folat, riboflavin,Vitamin A, K dan lain sebagainya. Ibu hamil membutuhkan asupan nutrisi yang tinggi agar janin yang ada di dalam rahimnya bisa tetap sehat dan kuat sampai proses persalinan. Di bawah ini adalah beberapa manfaat sari kurma yang sangat baik untuk kesehatan ibu hamil.

Manfaat sari kurma untuk ibu hamil

7 Manfaat Sari Kurma untuk Ibu Hamil

  • Mempermudah proses persalinan

Dalam proses persalinan, masing-masing wanita memiliki waktu yang berbeda saat pembukaan serviks. Dengan mengkonsumsi sari kurma dengan teratur, maka proses pembukaan serviks akan dipercepat sehingga ibu hamil bisa melahirkan secara normal dan lancar.

  • Mengatasi Sembelit

Sembelit adalah salah satu gejala yang seringkali dialami oleh para ibu hamil. Hal tersebut sangatlah wajar jika dilihat dari segi fisiologis. Hanya saja, sembelit yang dibiarkan berlarut-larut akan membuat ibu hamil merasa tidak nyaman. Oleh sebab itulah kenapa ibu hamil harus mengkonsumsi jenis makanan yang mengandung banyak serat. Sari kurma adalah salah satu jenis makanan yang bisa digunakan untuk mengatasi sembelit dengan optimal.

Manfaat sari kurma untuk ibu hamil

  • Mengatasi rasa mual

Rasa mual dan ingin muntah adalah hal yang wajar bagi ibu hamil. Gejala ini dikenal dengan sebutan morning sickness. Namun tahukah Anda bahwa ternyata, sari kurma memiliki khasiat yang sangat ampuh untuk meminimalisir gejala morning sickness.

  • Mengatasi Anemia

Manfaat sari kurma  untuk ibu hamil selanjutnya adalah mengatasi anemia. Ibu hamil seringkali merasa lemas, lelah, tidak bersemangat dan mudah mengantuk. Hal ini dikarenakan kadar gula dalam darah (Hb) yang semakin berkurang akibat kehamilan tersebut. Tidak perlu khawatir karena sari kurma bisa membantu tubuh untuk meningkatkan jumlah Hb. Sehingga masalah anemia biasa teratasi.

  • Memperkuat Ketuban

Ketuban yang kuat dapat menjaga janin agar tetap sehat. Apabila ketuban lemah dan mudah pecah, maka akan ada banyak masalah kesehatan yang muncul. Salah satunya adalah munculnya infeksi pada janin. Hal ini bisa dicegah dengan mengkonsumsi sari kurma secara rutin.

Baca Juga :

Makanan untuk Diet yang Paling Tepat

Daftar Makanan untuk Penderita Diabetes yang Wajib Anda Ketahui

  • Membantu pertumbuhan gigi dan tulang janin

Manfaat sari kurma  untuk ibu hamil yang keenam adalah membantu proses pertumbuhan gigi dan tulang janin. Hal ini dikarenakan adanya kandungan kalsium dan vitamin E yang tinggi dalam sari kurma.

  • Sumber nutrisi

Manfaat sari kurma  untuk ibu hamil yang terakhir adalah sebagai sumber nutrisi yang tepat untuk ibu hamil dan janin yang ada di dalam kandungan. Nutrisi yang terkandung dalam sari kurma diantaranya adalah kalsium, Vitamin A, potasium dan lain sebagainya. Dimana kandungan tersebut memiliki peranan yang sangat penting untuk menjaga kesehatan bayi dan ibunya.